STUDY SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR (SD) SE-KECAMATAN SLOGOHIMO KABUPATEN WONOGIRI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) TAHUN 2012.

  • MUH YUSUF

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  sarana dan prasarana pendidikan jasmani sekolah dasar (SD) se-kecamatan Slogohimo kabupaten wonogiri dalam pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan  (KTSP) tahun  2012.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data  menggunakan survei dan angket (kuesioner), observasi. Teknik analisis data   menggunakan statistic deskriptif parametik dengan rumus alfa serta menggunakan program komputer SPSS, yaitu merupakan software powerfull yang digunakan untuk analisis statistik

Populasi dalam penelitian ini adalah Sekolah Dasar Se-Kecamatan Slogohimo Sebanyak 33 Sekolah. Adapun teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan Total  sampling, Seluruh Sekolah Dasar yang ada di Kecamatan Slogohimo dijadikan sampel.

Hasil penelitian menunjukkan sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SD se-Kecamatan Slogohimo sebagai pembelajaran hanya alat atletik yang memadai, alat permainan dan senam tidak memadai. Sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan belum sesuai kurikulum (KTSP), banyak guru olahraga yang memodifikasi sarana dalam  pembelajaran.

 

Author Biography

MUH YUSUF
FKIP-POK UTP SKA
Published
2014-01-01
How to Cite
YUSUF, M. (2014). STUDY SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR (SD) SE-KECAMATAN SLOGOHIMO KABUPATEN WONOGIRI DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) TAHUN 2012. Jurnal Ilmiah Spirit, 14(1). https://doi.org/10.36728/jis.v14i1.267