PERBEDAAN PENGARUH METODE MASSED PRACTICE DENGAN DISTRIBUTED PRACTICE TERHADAP KEMAMPUAN PASS ATAS BOLA VOLI YUNIOR KLUB BOLA VOLI RINEX BOYOLALI

  • Muh. Ikhwan Iskandar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : (1). Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara latihan passing atas secara terus menerus (massed practice) dan latihan diselingi istirahat (distributed practice) terhadap kemampuan passing atas permainan bola voli yunior klub bola voli Rinex Boyolali. (2). Untuk mengetahui manakah yang lebih baik antara latihan passing atas secara terus menerus dan latihan diselingi istirahat terhadap kemampuan passing atas permainan bola voli yunior klub bola voli Rinex Boyolali.

maka penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan randomized control group pretest-posstest design. Pembagian kelompok ke dalam 2 kelompok dengan cara †pairing of subjectâ€. Subyek dalam penelitian ini adalah pemain yunior klub bola voli rinex boyolali yang berjumlah 30 pemain. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan pengukuran yaitu tes Face Wall Volley Test dari AAHPER dalam M Yunus (1992 : 202). Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5 %.

Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut : (1). Ada perbedaaan pengaruh antara latihan Massed Practice dan Distribetud Practice terhadap kemampuan pass atas. Dari uji t yang telah dilakukan di peroleh n9lai t sebesar 4,090 yang ternyata lebih besar dari t tabel 5 % sebesar 1,76. (2). Latihan Distributed Practice lebih baik dari pada latihan Massed Practice terhadap kemampuan pass atas bola voli pada pemain Yunior Klub Bola Voli Rinex Boyolali. Dari perbedaan hasil prosentase kelompok 2 ( latihan Distributed Practice ) sebesar 33,33% lebih baik dari hasil prosentase kelompok 1 (latihan Massed Practice) sebesar 24,468%.

 

Author Biography

Muh. Ikhwan Iskandar
FKIP-POK UTP SKA
Published
2012-06-06
How to Cite
Iskandar, M. I. (2012). PERBEDAAN PENGARUH METODE MASSED PRACTICE DENGAN DISTRIBUTED PRACTICE TERHADAP KEMAMPUAN PASS ATAS BOLA VOLI YUNIOR KLUB BOLA VOLI RINEX BOYOLALI. Jurnal Ilmiah Spirit, 11(1). https://doi.org/10.36728/jis.v11i1.40

Most read articles by the same author(s)