PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MASSED PRACTICE DANDISTRIBUTED PRACTICE TERHADAP HASIL KETRAMPILAN KETEPATAN LEMPARAN ATAS BOLA SOFTBALL EKSTRAKURIKULER SOFTBALL KELAS X SMK BHINA KARYA KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015

  • FUAD MUSTOFA
  • AGUSTIYANTO AGUSTIYANTO

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh metode latihan massed practice dan distributed practice terhadap terhadap  peningkatan ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball ; (2) Pengaruh yang lebih baik pengaruhnya antara metode latihan massed practice dan distributed practice terhadap  peningkatan  ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball ekstrakurikuler softball kelas X SMK Bhina Karya Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah ekstrakurikuler softball kelas X SMK Bhina Karya Karanganyar yang berjumlah 30 orang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua populasi yaitu 30 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji perbedaan (uji – t) dengan melalui uji persyaratan terlebih dahulu seperti uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran massed practice dan distributed practice meningkatkan ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball ekstrakurikuler softball kelas X SMK Bhina Karya Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015. Peningkatan ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball dengan pembelajaran massed practice sebesar 29.054%. Sedangkan peningkatan ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball dengan pembelajaran distributed practice14.085%.Setelah melakukan penelitian, diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) .  Ada perbedaan pengaruh pembelajaran massed practice dan distributed practice terhadap ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball ekstrakurikuler softball kelas X SMK Bhina Karya Karanganyar Tahun Ajaran  2014/2015, dengan thitung = 4,740 > ttabel = 2,145; (2) Metode pembelajaran massed practice lebih baik pengaruhnya dari pada latihan distributed practice terhadap kemampuan ketrampilan ketepatan lemparan atas bola softball ekstrakurikuler softball kelas X SMK Bhina Karya Karanganyar Tahun Ajaran 2014/2015, dengan peningkatan massed practice = 29.054%>ditributed practice = 14.085%.

 

Author Biographies

FUAD MUSTOFA
FKIP UNS
AGUSTIYANTO AGUSTIYANTO
FKIP UNS
Published
2017-01-01
How to Cite
MUSTOFA, F., & AGUSTIYANTO, A. (2017). PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN MASSED PRACTICE DANDISTRIBUTED PRACTICE TERHADAP HASIL KETRAMPILAN KETEPATAN LEMPARAN ATAS BOLA SOFTBALL EKSTRAKURIKULER SOFTBALL KELAS X SMK BHINA KARYA KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Jurnal Ilmiah Spirit, 17(1). https://doi.org/10.36728/jis.v17i1.702