UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING MENGGUNAKAN METODE BAGIAN PADA MAHASISWA SEMESTER SATU PKO FKIP UTP SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • BAGUS KUNCORO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya menyamping pada mahasiswa semester satu tahun ajaran  2017/2018 melalui penggunaan metode bagian. Data dalam penelitian ini diperoleh secara langsung dari hasil observasi lapangan di Universitas Tunas Pembangunan Surakarta. Objek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester satu PKO FKIP UTP Surakarta sejumlah 26 mahasiswa .

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi tindakan untuk tiap siklus. Subyek penelitian adalah mahasiswa semester satu PKO FKIP UTP Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 26 mahasiswa, terdiri dari 23 mahasiswa putra dan 3 mahasiswi. Sumber data untuk penelitian ini berasal dari mahasiswa dan pengajar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran kemampuan tolak peluru gaya menyamping dan pengamatan dari proses pembelajaran meliputi tes kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor yang mengarah pada proses dan produk. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa melalui metode bagian  dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya menyamping pada mahasiswa dari pra siklus ke siklus satu dan dari siklus satu ke siklus dua. Dari analisis data diperoleh hasil pada siklus satu terjadi peningkatan hasil belajar tolak peluru untuk mahasiswa yang tuntas yaitu  57,07%  atau 15 mahasiswa yang tuntas. Sedangkan pada siklus dua peningkatan hasil belajar tolak peluru sebesar 84,62% atau 22 mahasiswa yang tuntas.

Author Biography

BAGUS KUNCORO
FKIP PKO UTP SKA
Published
2018-07-01
How to Cite
KUNCORO, B. (2018). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA MENYAMPING MENGGUNAKAN METODE BAGIAN PADA MAHASISWA SEMESTER SATU PKO FKIP UTP SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Ilmiah Spirit, 18(2). https://doi.org/10.36728/jis.v18i2.732

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>