PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN JARAK PUKUL TETAP DAN JARAK PUKUL BERTAHAP TERHADAP KETERAMPILAN LOB BULUTANGKIS PADA ATLET PUTRA PB INDEPENDEN, PALUR KARANGANYAR TAHUN 2018

  • MUCHHAMAD SHOLEH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaaan pengaruh latihan jarak pukul tetap dan jarak pukul bertahap terhadap keterampilan lob bulutangkis pada atlet putra PB Independen, Palur, Karanganyar tahun 2018. (2) untuk mengetahui manakah yang lebih baik pengaruhnya antara latihan jarak pukul tetap dan jarak pukul bertahap terhadap keterampilan lob bulutangkis pada atlet putra PB Independen, palur, karanganyar tahun 2018.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah matching by subject design yang biasa disebut dengan pola M-S, dimana Subjek dipisahkan kedalam dua kelompok. Pemasangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara oridinal pairing, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik tes yang dilakukan untuk pengambilan data penelitian ini adalah tes keterampilan lob dalam permainan bulutangkis, tes dilaksanakan dua kali yaitu tes awal dan tes akhir. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik statistik  dengan metode pengerjaan menggunakan program penghitung, yaitu meliputi uji reliabilitas, uji prasyarat, data analisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan analisis perbedaan.

Dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut (1) ada perbedaan pengaruh latihan lob dengan metode Latihan jarak pukul tetap dan jarak pukul bertahap terhadap keterampilan lob dalam permainan bulutangkis pada atlet putra PB Independen, Palur, Karanganyar tahun 2018. Dengan hasil uji thitung diperoleh sebesar 3,24 sedangkan ttabel dengan db=15-1 taraf signifikan 5% yaitu 2,14 maka thitung­ ˃ ttabel. (2) Latihan lob dengan metode jarak pukul bertahap lebih baik pengaruhnya daripada latihan dengan metode jarak pukul tetap terhadap keterampilan lob bulutangkis pada atlet putra PB Indpenden, Palur, Karanganyar tahun 2018. Hal ini dibuktikan dengan prosentase peningkatan untuk kelompok 2 (latihan jarak pukul bertahap) sebesar 24,6% dan kelompok 1 (latihan jarak pukul tetap) lebih kecil yaitu 15, 8%.

Author Biography

MUCHHAMAD SHOLEH
FKIP PKO UTP SKA
Published
2018-10-02
How to Cite
SHOLEH, M. (2018). PERBEDAAN PENGARUH LATIHAN JARAK PUKUL TETAP DAN JARAK PUKUL BERTAHAP TERHADAP KETERAMPILAN LOB BULUTANGKIS PADA ATLET PUTRA PB INDEPENDEN, PALUR KARANGANYAR TAHUN 2018. Jurnal Ilmiah Spirit, 18(3). https://doi.org/10.36728/jis.v18i3.782

Most read articles by the same author(s)