HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN, DENGAN KEMAMPUAN LONG SERVICE DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA PEMAIN PEMBINAAN PRESTASI BULUTANGKIS UTP SURAKARTA TAHUN 2017

  • MUCHHAMAD SHOLEH

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:  (1) Hubungan Antara Kekuatan Otot Lengan Dengan Kemampuan Long Service Dalam Permainan Bulutangkis Pada Pemain Pembinaan Prestasi Badminton UTP Surakarta  Tahun 2017.

Sesuai dengan tujuan penelitian ini, maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan studi korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di Lapangan Gedung Bulutangkis Klub Yunior Pb Natura Prambanan. Dalam penelitian ini variabel bebas disebut juga sebagai prediktor dan variabel terikat yang disebut juga sebagai kriterium. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah  menggunakan teknik tes dan pengukuran. Adapun jenis tes yang digunakan adalah: ( 1). Kekuatan otot lengandi ukur dengan push up test dari Mulyono B, (1988:23). (2) Kemampuan Long servisdiukur dengan Tes Servis panjang (Sapta Kunta Purnama, 2010 : 31). Petunjuk peleksanaan masing-masing tes terlampir.

Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka simpulan yang dapat diperoleh adalah: (1) Ada hubungan yang signifikan antara Kekuatan Otot Lengan  dengan Long service  , rhitung = 0,478 > rtabel 5% = 0,361. (2) Ada hubungan yang signifikan antara Kekuatan Otot Lengan , Persepsi kinestetik  dan Panjang Rentang Lengan    dengan Long service  , R2y(1) sebesar 0,467 > rtabel5 % pada taraf signifikansi 5% sebesar 0.361 dan F0 sebesar 7,6015 > ftabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 2,89.

Author Biography

MUCHHAMAD SHOLEH
FKIP PKO UTP SKA
Published
2018-01-01
How to Cite
SHOLEH, M. (2018). HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT LENGAN, DENGAN KEMAMPUAN LONG SERVICE DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA PEMAIN PEMBINAAN PRESTASI BULUTANGKIS UTP SURAKARTA TAHUN 2017. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 4(1). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/692

Most read articles by the same author(s)