PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DIRECT DAN INDIRECT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SERVIS TENIS LAPANGAN TAHUN 2019 (Studi Eksperimen pada Mahamahasiswa Putra semester IV Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Jurusan PKO UTP Surakarta)

  • IWAN ARYA KUSUMA
  • RUSTAM YULIANTO
  • ANGGA ARDIANZAH

Abstract

Perbedaan Pengaruh Metode Pembelajaran Direct dan Indirect Terhadap Peningkatan Kemampuan Servis Tenis Lapangan tahun 2019 (Studi Eksperimen pada Mahamahasiswa Putra semester IV Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Jurusan PKO UTP Surakarta ).

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui perbedaan pengaruh metode pembelajaran Direct dan Indirect terhadap peningkatan kemampuan servis tenis lapangan pada Mahamahasiswa putra semester IV Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Prodi PKO UTP Surakarta tahun 2019. (2) Manakah yang lebih baik pengaruhnya antara pendekatan pembelajaran direct dan indirect terhadap peningkatan kemampuan servis tenis lapangan pada Mahamahasiswa Putra Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Prodi PKO UTP Surakarta thun 2019.

Penelitian ini dilaksanakan di lapangan tenis UTP Surakarta selama 9 minggu dengan menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah mahamahasiswa putra pembinaan prestasi tenis lapangan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan PKO UTP Surakarta berjumlah 70 mahamahasiswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Random Sampling. Sampel diambil sebanyak 30 mahamahasiswa dengan cara random. Teknik analisis dengan menggunaka ANAVA. Sebelum menguji dengan ANAVA, terlebih dahulu digunakan uji prasyarat analisis data dengan menggunakan uji normalitas sampel (Uji lilliefors dengan α = 0,05) dan uji homogenitas varians ( Uji Barlett dengan α = 0,05 ). Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara metode direct dan metode indirect  terhadap peningkatan kemampuan servis tenis lapangan pada Mahamahasiswa Putra Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Prodi PKO UTP Surakarta tahun 2019. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 6,8407 lebih kecil dari pada ttabel = 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. ( 2) Metode Direct  lebih baik pengaruhnya dari pada metode indirect terhadap peningkatan kemampuan servis tenis lapangan pada mahamahasiswa putra semester IV tahun 2019. Berdasarkan persentase peningkatan ketrampilan  servis menunjukkan bahwa kelompok 1 (kelompok yang mendapat perlakuan dengan metode direct) adalah 34,694% > kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan metode indirect) adalah 30,811%. Berdasarkan persentase peningkatan ketrampilan  servis tenis lapangan  dalam permainan tenis lapangan menunjukkan bahwa kelompok 1 ( kelompok yang mendapat perlakuan metode direct) adalah 34,694%  > kelompok 2 (kelompok yang mendapat perlakuan metode indirect) adalah 30,811%.

 

Author Biographies

IWAN ARYA KUSUMA
FKIP OKO UTP SKA
RUSTAM YULIANTO
FKIP PKO UTP SKA
ANGGA ARDIANZAH
FKIP
Published
2019-07-16
How to Cite
KUSUMA, I. A., YULIANTO, R., & ARDIANZAH, A. (2019). PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DIRECT DAN INDIRECT TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SERVIS TENIS LAPANGAN TAHUN 2019 (Studi Eksperimen pada Mahamahasiswa Putra semester IV Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Jurusan PKO UTP Surakarta). Jurnal Ilmiah Spirit, 19(2). https://doi.org/10.36728/jis.v19i2.949

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>