KORELASI POWER OTOT LENGAN , KELENTUKAN dan KEKUATAN OTOT PUNGGUNG dengan KEMAMPUAN HANDSPRING SENAM ARTISTIK

  • RUSTAM YULIANTO

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Korelasi power otot lengan dengan kemampuan handspring dalam senam artistik (2) Korelasi kelentukan dengan kemampuan handspring dalam senam artistik (3) Korelasi kekuatan otot punggung dengan kemampuan handspring dalam senam artistik (4) Korelasi power otot lengan, kelentukan, dan kekuatan otot punggung dengan kemampuan handspring dalam senam artistik.

Sesuai dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode deskriptif studi korelasional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa putra semester III Prodi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tunas Pembangunan Surakarta yang berjumlah 30 mahasiswa, dengan teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah purposive random sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi tiga prediktor pada taraf signifikansi 5%.

Penelitian ini menghasilkan simpulan sebagai berikut: (1) ada Korelasi yang signifikan antara power otot lengan dengan kemampuan handspring dalam senam artistik, rhitung = 0,534 > rtabel 5% = 0,361, (2) ada Korelasi yang signifikan antara kelentukan dengan kemampuan handspring dalam senam artistik, rhitung = 0,592 > rtabel 5% = 0,361, (3) ada Korelasi yang signifikan antara kekuatan otot punggung dengan kemampuan handspring dalam senam artistik, rhitung = 0,637 > rtabel 5% = 0,361, (4) ada Korelasi yang signifikan antara power otot lengan, kelentukan dan kekuatan otot punggung dengan kemampuan handspring dalam senam artistik, Fhitung = 14,7851 > Ftabel = 2,89.

Author Biography

RUSTAM YULIANTO
FKIP PKO UTP SKA
Published
2018-01-07
How to Cite
YULIANTO, R. (2018). KORELASI POWER OTOT LENGAN , KELENTUKAN dan KEKUATAN OTOT PUNGGUNG dengan KEMAMPUAN HANDSPRING SENAM ARTISTIK. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 4(2). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/695

Most read articles by the same author(s)