TINGKAT KETERAMPILAN TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA VOLI MAHASISWA PJKR SEMESTER II DI UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG TAHUN AJARAN 2018/2019

  • IRFAN ZINAT ACHMAD
  • RIZKI AMINUDIN
  • RHAMA NURWANSYAH SUMARSONO
  • DHIKA BAYU MAHARDIKA
Keywords: TINGKAT KETRAMPILAN DASAR

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah Tingkat Keterampilan Teknik Dasar Permainan Bolavoli Mahasiswa Semester I Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP-UNSIKA. Penelitian Ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat Keterampilan Teknik Dasar Mahasiswa Semester I Prodi PJKR FKIP-UNSIKA di matakuliah Pembelajaran Permainan Bolavoli. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam mengetahui tingkat keterampilan teknik dasar permainan bolavoli dari Depdiknas (Tes Passing atas dan bawah), Stanley Spike Test, AHHPER serving accuracy test. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Semester I Prodi PJKR yang berjumlah 256 orang. Teknik analisis data menggunakan Statistik Deskriptif dengan prosentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk tingkat keterampilan teknik dasar permainan bolavoli mahasiswa semester I prodi PJKR dari 256 mahasiswa baik putra dan putri diperoleh dengan rincian kategori Baik Sekali dengan Persentase 5% atau 13 Mahasiswa, Kategori Baik dengan Persentase 38% atau 98 Mahasiswa, Kategori Sedang dengan Presesntase 19% atau 49 Mahasiswa, Kategori Kurang dengan Persentase 30% atau 77 Mahasiswa dan Kategori Kurang Sekali dengan Persentase 7% atau 19 Mahasiswa.

Author Biographies

IRFAN ZINAT ACHMAD

Universitas Singaperbangsa Karawang

RIZKI AMINUDIN
Universitas Singaperbangsa Karawang
RHAMA NURWANSYAH SUMARSONO
Universitas Singaperbangsa Karawang
DHIKA BAYU MAHARDIKA
Universitas Singaperbangsa Karawang

References

Anas Sudjono. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Aip Syarifuddin dan Muhadi (1991). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depertemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikann Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan.

B. Syarifudin. (2010). Panduan TA Keperawatan dan Kebidanan Dengan SPSS.

Yogyakarta : Grafindo Litera Media.

Bachtiar, dkk (2007). Permainan besar II bola voli dan bola tangan. Jakarta; Universitas Terbuka

Dieter Beuthelstahl. (2007). Belajar Bermain Bola Volley. Bandung: Pionir Jaya.

Heri Jon, Supriatna Eka, Purnomo Edi. (2016). Survey Keterampilan Tehnik Dasar Bolavoli Pada Siswa Putra Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Di SMA Negeri 4 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, UNTAN.

Hendrawati Heni, (2016). Analisis Potensi Tenaga Kerja Lokal Di Kawasan Bandara Internasional Jawa Barat (Bijb) Di Kecamatan Kertajati Kabupaten Majalengka. UPI, repository.upi.edu, perpustakaan.upi.edu.

Hidayat Wahyu, (2010). Study Tingkat Keterampilan Teknik Dasar Bermain Bolavoli Pada Siswa Putra Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Di Smp 8 Surakarta Tahun 2010. Universitas Sebelas Maret Surakarta ; Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Lucas Jeff, (2012). http://www.partnersforhealthykids.com/VBall/Spiking.html.

Machfud Irsyada. (2000). Bolavoli. Jakarta : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat JendralL Pendidikan Dasar Dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.

Nuril Ahmadi. (2007). Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta: Era Pustaka Utama.

Sutrisno Hadi. (2004).Statistik Jilid 2. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung, Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Setyawan Ikhsan Pangestu, (2017). Tingkat Keterampilan Bermain Bolavoli Siswa Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli Di Sma Negeri 3 Klaten. UNY ; Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan.

Soedarwo, Soeyati, Soenardi (2000). Teori dan Praktek Bola Voli II. Surakarta : Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Universitas Sebelas Maret.

Yudiana Y, & Subroto T. (2010).Permainan Bola Voli. Bandung; FPOK-UPI Bandung

Published
2019-07-17
How to Cite
ACHMAD, I. Z., AMINUDIN, R., SUMARSONO, R. N., & MAHARDIKA, D. B. (2019). TINGKAT KETERAMPILAN TEKNIK DASAR PERMAINAN BOLA VOLI MAHASISWA PJKR SEMESTER II DI UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG TAHUN AJARAN 2018/2019. JURNAL ILMIAH PENJAS (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 5(2), 48. Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JIP/article/view/968