PENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MATERI LINGKUNGAN ALAM DAN BUATANMELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH KELAS III SD NEGERI 1 MENDURAN KECAMATAN BRATI KABUPATEN GROBOGAN SEMESTER

  • Purminah Purminah
Abstract views: 7 , PDF downloads: 11

Abstract

ABSTRAK

Ilmu pengetahuan sosial atau social studies merupakan pengetahuan mengenai segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat. Permasalahan yang ada pada saat pembelajaran berlangsung, pembelajaran cenderung berpusat pada guru (teacher centred). Guru cenderung menggunakan metode ceramah yang kurang menarik perhatian peserta didikdalam proses pembelajaran.

Berdasarkan hasil penelitiandan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe make a match dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial materi lingkungan alam dan buatan SD Negeri 1 Menduran Semester 1 Tahun Pelajaran 2016/2017. Prestasi belajar peserta didik pada pra siklus nilai rata-rata belajar peserta didik adalah 62,27; kemudian meningkat pada siklus 1 sebesar 75,90;meningkat menjadi 82,73pada siklus 2.

Jumlah prosentase peserta didik yang tuntas adalah pada pra siklus prosentasenya adalah 22,73%Kemudian meningkat pada siklus 1 sebesar 59,1% menjadi 100% pada siklus 2.

Kata Kunci: Pembelajaran, Make a Match

Published
2017-07-29