PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA MATERI MENULIS AKSARA JAWA DNGAN SANDHANGAN SWARA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 2 TEMON SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2016/2017

  • Romiyatun Romiyatun

Abstract

ABSTRAK

Tujuan  penelitian ini adalah untuk  meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa  Materi Menulis Aksara Jawa Dengan Sandhangan Swara  bagi  peserta didik kelas IV SD Negeri  2 Temon UPTD Pendidakan Kecamatan Brati Kabupaten  Grobogan Tahun Pelajaran 2016/2017, melalui model pembelajaran Mind Mapping.

Penelitian  ini  adalah  penelitian  tindakan  kelas  yang  dilakukan  dua  siklus  dan setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Negeri 2 Temon  UPTD Pendidikan Kecamatan Brati Kabupaten  Grobogan Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah penelitian pada siklus I dan siklus II dengan instrumen lembar evaluasi  dan lembar observasi.

Instrumen ini untuk mengumpulkan analisis data dengan menggunakan deskriptif komparatif dengan membandingkan hasil dalam setiap siklus dengan kondisi awal atau Pra Silkus.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  penerapan  model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Jawa tentang menulis Aksaara Jawa. Peningkatan itu  dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik dari setiap siklus. Pra Siklus rata-rata nilai 60,37, Siklus I rata-rata nilai 74,44 dan siklus II rata-rata nilai 80,00

 

Kata kunci :     Bahasa Jawa Hasil belajar, Menulis Aksara Jawa ,Sandhangan Swara  , Model Pembelajaran Mind Mapping

Published
2017-07-29