PENINGKATAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI KELAS MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SD NEGERI 3 KRONGGEN UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN BRATI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Kardi Kardi

Abstract

ABSTRAK

Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah  ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam melaksanakan supervisi Klinis kelas sehingga mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru terutama dalam manajemen Administrasi kelas yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Pada setiap siklus memiliki perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang berbeda-beda. Subyek penelitian guru kelas I, II, III, IV, V dan VI di SD Negeri 3 Kronggen UPTD Pendidikan Kecamatan Brati

. Teknik pengumpulan data melalui supervisi Klinis kelas dengan tahapan observasi kelas, untuk mencatat kejadian-kejadian penting yang berhubungan dengan penelitian. Teknik analisa data yang menjadi pedoman pengolahan data dengan menggunakan persentase (%) pencapaian dengan konstanta 100. Dan untuk melihat  interprestasi dengan menggunakan kriteria interprestasi skor  untuk memperkuat penafsiran dalam kesimpulan sebagai berikut: 80% - 100%  (Baik Sekali),  66% - 79% ( Baik), 56% - 65% (Cukup), dan 40% - 55% (Kurang).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pedagogik guru  dalam  menyusun  administrasi kelas di SD Negeri 3 Kronggen UPTD Pendidikan Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan . Ini terbukti dengan  meningkatnya kemampuan pedagogik guru  dalam  menyusun  administrasi kelas berdasarkan penilaian terhadap kelengkapan administrasi kelas dari 41,97 pada Pra Siklus menjadi 60,94 pada Siklus I dan 85,65 pada Siklus II. Kesimpulannya adalah pelaksanaan supervisi kelas terbukti dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru kelas khususnya pada pengelolaan administrasi kelas di SD Negeri 3 Kronggen UPTD Pendidikan Kecamatan Brati .

Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Supervisi, Administrasi Kelas

Published
2018-01-29