PENINGKATAN KEMAMPUAN PEDAGOGIK GURU DALAM PENGELOLAAN ADMINISTRASI KELAS MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SD NEGERI 3 KRONGGEN UPTD PENDIDIKAN KECAMATAN BRATI SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstrak
ABSTRAK
Tujuan Penelitian Tindakan Sekolah ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah yang tepat dalam melaksanakan supervisi Klinis kelas sehingga mampu meningkatkan kompetensi pedagogik guru terutama dalam manajemen Administrasi kelas yang pada akhirnya akan berpengaruh terhadap peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Pada setiap siklus memiliki perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang berbeda-beda. Subyek penelitian guru kelas I, II, III, IV, V dan VI di SD Negeri 3 Kronggen UPTD Pendidikan Kecamatan Brati
. Teknik pengumpulan data melalui supervisi Klinis kelas dengan tahapan observasi kelas, untuk mencatat kejadian-kejadian penting yang berhubungan dengan penelitian. Teknik analisa data yang menjadi pedoman pengolahan data dengan menggunakan persentase (%) pencapaian dengan konstanta 100. Dan untuk melihat interprestasi dengan menggunakan kriteria interprestasi skor untuk memperkuat penafsiran dalam kesimpulan sebagai berikut: 80% - 100% (Baik Sekali), 66% - 79% ( Baik), 56% - 65% (Cukup), dan 40% - 55% (Kurang).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pedagogik guru dalam menyusun administrasi kelas di SD Negeri 3 Kronggen UPTD Pendidikan Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan . Ini terbukti dengan meningkatnya kemampuan pedagogik guru dalam menyusun administrasi kelas berdasarkan penilaian terhadap kelengkapan administrasi kelas dari 41,97 pada Pra Siklus menjadi 60,94 pada Siklus I dan 85,65 pada Siklus II. Kesimpulannya adalah pelaksanaan supervisi kelas terbukti dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru kelas khususnya pada pengelolaan administrasi kelas di SD Negeri 3 Kronggen UPTD Pendidikan Kecamatan Brati .
Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Supervisi, Administrasi Kelas
