PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA SISWA KELAS IV SD 2 GARUNG LOR KUDUS

  • Adim Dwi Putranti Universitas Muria Kudus
  • Savitri Wannabuliandari Universitas Muria Kudus
  • Santoso Santoso Universitas Muria Kudus

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan berpikir kreatif pada siswa kelas IV SD  2 Garung Lor Kudus. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus, dimana setiap siklusnya terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian yakni siswa kelas IV SD  2 Garung Lor Kudus dengan jumlah 21 siswa. Sumber data penelitian ini yakni guru, siswa. Teknik pengumpulan data meliputi teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik expert judgment dan analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Pembelajaran Creative Problem Solvingberbantuan media konkret dapat meningkatkan berpikir kreatif pada siswa mengalami peningkatan, dari prasiklus 63.5% ,siklus I menjadi 69.4% dan siklus II meningkat lagi menjadi 84.8% . Selanjutnya aktivitas siswa mengalami peningkatan dari siklus I 68% dan siklus II menignkat menjadi 78%. Sedangkan keterampilan guru mengalami pengingkatan dari siklus I sebesar 68% dengan kategori cukup dan siklus II meningkat menjadi 89 % dengan kategori baik.

 

Kata kunci: Creative Problem Solving, Kemampuan berpikir kreatif, Media konkret.

Published
2021-01-25