PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV DI SD NEGERI 1 BULUKERTO WONOGIRI

  • Rika Yuni Ambarsari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh Gaya belajar  terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Bulukerto Wonogiri, dan (2) seberapa besar pengaruh Gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 1 Bulukerto Wonogiri. Penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa yang ditentukan menggunakan sampel jenuh.Variabel independen dalam penelitian ini yaitu gaya belajar siswa, sedangkan variabel dependennya yaitu hasil belajar IPS siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk data gaya belajar, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi untuk data hasili belajar siswa. Uji prasyarat terdiri dari uji normalitas dan uji linieritas. Setelah data normal dan linier kemudian dilanjutkan dengan analisis akhir. Analisis data penelitian menggunakan regresi linier sederhana, koefisien determinasi dan uji T.

Berdasarkan hasil analisis pada penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai signifikansi sebesar 0,000. Oleh karena 0,000 < 0,05, maka H ditolak, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan gaya belajar terhadap hasil belajar IPS siswa, (2) hasil R sebesar 0,379 yang artinya terjadi hubungan yang positif dan kuat antara gaya belajar dan hasil belajar siswa IPS kelas IV, (3) koefisien determinasi (R20 ) sebesar 0,144  menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel independen sebesar 14,4%. Hal ini menunjukkan bahwa 14,4% hasil belajar IPS siswa kelas IV dipengaruhi oleh gaya belajar siswa, sedangkan 85,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian.

Kata kunci : Gaya belajar, Hasil belajar IPS