PERENCANAAN PEMBELAJARAN LITERASI DENGAN MEDIA FLASHCARD PADA MURID TRANSISI PAUD-SD

  • Siti Nur Hasanah TK Aisyiyah Ngadirejo II
  • Sulami SD N Pucangan 05
  • Galuh Fitria Kharis TK Kartika Kopassus
  • Erna Kristantina TK Kristen Kartasura
  • Andy Ariyanto SD Negeri Pabelan 03

Abstract

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran literasi dengan media flashcard pada murid kelas 1. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang mengkaji dan menganalisis perencanaan pembelajaran literasi dengan menggunakan media flashcard. Subjek penelitian ini adalah guru dan murid kelas 1 SD Negeri Pabelan 03. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Teknik analisis data adalah reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan perencanaan pembelajaran meliputi pemilihan metode pembelajaran, penyiapan media, penyiapan materi atau bahan ajar, penyiapan LKPD, dan rencana evaluasi pembelajaran. 1) Metode pembelajaran yang diterapkan dalam pembelajaran literasi kelas awal atau di masa transisi PAUD-SD adalah permainan flashcard. 2) Media pembelajaran yang digunakan adalah flashcard yang berisi huruf abjad dan contoh kata-kata yang diawali dengan huruf tersebut dengan penggalan suku kata yang diberi warna berbeda. 3) Materi yang dipelajari adalah pengenalan huruf dan suku kata untuk memudahkan murid meningkatkan kemampuan membaca. 4) Guru mempersiapkan lembar kerja sebagai bentuk latihan murid dalam mengenal huruf dan suku kata. Lembar kerja yang dipersiapkan guru adalah menghubungkan penggalan suku kata dengan gambarnya. 5) Evaluasi akan dilaksanakan dengan mengajak murid satu persatu membaca kata yang disertai gambar untuk lebih memudahkan mereka mengidentifikasi nama benda tersebut.

Kata Kunci: Perencanaan, Pembelajaran Literasi, flashcard

 

 

Published
2023-07-21