IMPLIKASI PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA PEMBELAJARAN IPAS SEKOLAH DASAR DALAM PERSPEKTIF TEORI KONSTRUKTIVISME

  • Eva Yulia Rustanti SD Negeri Ngabeyan 01
  • Nurul Robikhah SD Negeri Ngabeyan 01
  • Ninuk Lestari Handayani SD Negeri Singopuran 01
  • Rohmah Adi Wulan SD Negeri Ngabeyan 03
  • Rani Bekti Pratiwi SD Kristen Widya Wacana X Kartasura

Abstract

                  Pendekatan saintifik dapat dilakukan pada seluruh jenjang pendidikan di Indonesia, salah satunya pada jenjang sekolah dasar. Melalui pembelajaran saintifik, guru dapat menanamkan kepada siswa agar bersifat pemberani dan mengasah pola berfikir siswa sekolah dasar. Teori pembelajaran konstruktivisme memiliki tujuan yang sejalan melalui penerapan kurikulum merdeka, yaitu siswa diberikan kebebasan mutlak untuk aktif dalam mengembangkan kemampuannya terutama pada bidang sains dan teknologi. Penelitian ini mempunyai tujuan guna menganalisis implementasi pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPAS melalui sudut pandang teori belajar konstruktivisme di sekolah dasar. Hasil penelitian ini menemukan bahwasanya pembelajaran saintifik memiliki keterkaitan dengan teori pembelajaran konstruktivisme terutama dalam penerapan kurikulum merdeka pada materi IPAS sekolah dasar.

Kata kunci: IPAS, Konstruktivisme, Pendekatan Saintifik

 

Published
2024-01-16