Analisis Metode Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas Rendah Sekolah Dasar

  • Luncana Faridhoh Sasmito Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Usmani Haryanti Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Rika Yuni Ambarsari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstract

                Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran tematik guru kelas rendah dalam tahap perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran tematik di Sekolah Dasar Negeri Bororejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari 3 guru kelas rendah sebagai informan kunci dan kepala sekolah sebagai informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi metode. Berdasarkan data hasil obervasi, dan hasil wawancara didapat hasil analisis terdapat beberapa komponen pembelajaran tematik dan juga ada yang belum sesuai dengan pembelajaran tematik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran tematik terpadu di kelas rendah sekolah dasar memiliki banyak potensi dalam meningkatkan minat dan pemahaman siswa.

 

Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran tematik, SD

Published
2025-01-15