TEORI CONNECTIVISM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMANFAATAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

  • Damai Ari Kontesa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauziati Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstrak

Adanya teori connectivism George Siemen memberikan implikasi bagi pemanfaatan pembelajaran menggunakan E-Learning di Sekolah Dasar. Pembelajaran E- Learning sebagai implikasi dari teori connectivism sangat sesuai dalam merespon era digital saat ini. Teori pembelajaran sebelumnya konstruktivism belum melibatkan keterhubungan sumber belajar melalui jaringan internet. Pendekatan dalam artikel ini adalah kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi berupa jurnal ilmiah, maupun buku. Adapun tehnis analisa data adalah dengan analisis isi kajian dari berbagai jurnal dan buku. Uji validitas dilakukan dengan membandingkan antar jurnal dan buku untuk kemudian ditarik satu kesimpulan untuk menjawab permasalahan. Hasil kajian dalam artikel ini adalah teori connectivism berimplikasi pada pemanfaatan E-Learning dalam pembelajaran di Sekolah dasar. Sebagai kesimpulan, Implikasi Connectivism terhadap pemanfaatan E-Learning antara lain sebagai sarana penyimpanan, pendistribusian materi pembelajaran dan sharing informasi. Implikasi lainnya adalah sebagai sarana mencari sumber belajar, menemukan sumber belajar online,edit video, gambar, atau membuat poster dan slide pembelajaran menggunakan canva.

Kata Kunci : Teori connectivism, Studi kepustakaan, Pemanfaatan E-Learning, Implikasi pemanfaatan E-Learning

Diterbitkan
2022-07-30