UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI MENGERJAKAN TUGAS DAN KEAKTIFAN SISWA KELAS V PADA MASA PEMULIHAN PEMBELAJARAN PASCA MEREDANYA PANDEMI COVID-19 MELALUI PENERAPAN REWARD DI SD NEGERI MENURAN 02 KECAMATAN BAKI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

  • Tri Sutrisno Ari Sadewo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
  • Luncana Faridhoh Sasmito Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Abstrak

           Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi mengerjakan tugas dan keaktifan siswa kelas V pada masa pemulihan pembelajaran pasca meredanya pandemi COVID-19 di SD Negeri Menuran 02 Kecamatan Baki tahun pelajaran 2022/2023.

          Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas dengan subjek penelitiannya siswa kelas V SD Negeri Menuran 02 yang terdiri dari 10 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.

        Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa rata-rata kelas pada motivasi mengerjakan tugas dan keaktifan siswa saat pra siklus adalah 51,74 % dengan kategori cukup, meningkat pada siklus I menjadi 67,92 % dengan kategori tinggi, dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 80,69 % dengan kategori sangat tinggi.

        Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan reward dapat meningkatkan motivasi mengerjakan tugas dan keaktifan siswa kelas V pada masa pemulihan pembelajaran pasca meredanya pandemi COVID-19 di SD Negeri Menuran 02 Kecamatan Baki tahun pelajaran 2022/2023..

 

Kata Kunci: Reward, Motivasi Mengerjakan Tugas, Keaktifan Siswa, Masa Pemulihan Pembelajaran.

 

 

Diterbitkan
2023-07-21