APLIKASI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH DAN THINK PAIR SHARE TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA DITINJAU DARI MINAT SISWA KELAS V SD KECAMATAN COLOMADU

  • Rika Yuni Ambarsari
  • Ninda Beny Asfuri

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh aplikasi model pembelajaran cooperative learning tipe make a match dan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share terhadap prestasi belajar IPA pada materi gaya, 2) Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara siswa yang mempunyai minat belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap prestasi belajar IPA pada materi gaya, 3) Untuk mengetahui apakah terdapat interaksi pengaruh antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA pada materi gaya.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x3. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V dalam tiga SD Negeridi  kecamatan Colomadu. Teknik pengambilan sampel dengan dengan multi stagecluster random sampling. Penelitian ini terdapat dua variabel bebas yaitu model pembelajaran, minat belajar siswa dan satu variabel terikat yaitu prestasi belajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji keseimbangan, uji prasyarat analisis, uji hipotesis dan uji komparasi ganda.

Hasil analisis penelitian disimpulkan hipotesis pertama dibuktikan dari hasil Fhit 15,4883 > Ftabel 4,07 maka H0A ditolak, Hal ini berarti ada perbedaan pengaruh prestasi belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match dan model pembelajaran cooperative learning tipe think pair share pada materi gaya. Hipotesis kedua dibuktikan dengan hasil Fhit 17,7281 > Ftabel 3,210 maka H0A ditolak. Hal ini berarti ada perbedaan pengaruh prestasi belajar IPA siswa yang mempunyai minat belajar tinggi, minat belajar sedang, dan minat belajar rendah pada materi pokok gaya. Hipotesis ketiga dibuktikan dari hasil Fhit 2,3669 < Ftabel 3,210 maka H0A tidak ditolak. Hal ini berarti tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA siswa pada materi gaya.

 

Kata Kunci: Model Cooperative Learning Tipe Make a Match, Model Think Pair Share, Minat Siswa

Diterbitkan
2018-01-29