PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI KPK DAN FPB MELALUI METODE VARIASI PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI 2 KARANGSARI KECAMATAN BRATI KABUPATEN GROBOGAN SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Poniyatun Poniyatun

Abstrak

ABSTRAK

Latar belakang dilaksanakan penelitian adalah hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika materi KPK dan FPB di Kelas V Semester 1 SDN 2 Karangsari masih rendah. Dari 31 peserta didik, hanya 11 peserta didik (35,5%) yang tuntas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika materi KPK dan FPB melalui metode variasi di Kelas V Semester 1  SD Negeri 2 Karangsari Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan di Kelas V dengan jumlah 31 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan di setiap siklusnya. Pada Siklus I mencapai ketuntasan sebesar 67,7% (21 peserta didik), sedangkan pada Siklus II ketuntasan mencapai 93,5% (29 peserta didik). Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui metode variasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Matematika materi KPK dan FPB di Kelas V Semester 1 SD Negeri 2 Karangsari Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Matematika, Metode Variasi

Diterbitkan
2018-01-29