PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KENAMPAKAN ALAM DAN KEADAAN SOSIAL NEGARA-NEGARA TETANGGA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING PADA PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI 2 TIREM KECAMATAN BRATI SEMESTER 1TAHUN PELAJARAN 2017/2018

  • Sri Wartini

Abstrak

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa permasalahan yang dialami oleh peserta didik, rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik sebagai akibat dari ketidaktertarikan peserta didik dalam belajar IPS. Peserta didik mengalami kejenuhan dalam pelaksanaan proses pembelajaran, karena guru hanya menggunakan metode ceramah saja. Upaya untuk memperbaiki permasalahan tersebut adalah melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan metode problem solving. Metode problem solving sendiri adalah suatu metode dalam pendidikan dan pengajaran dengan sejalan melatih peserta didik untuk menghadapi masalah-masalah dari yang paling sederhana sampai kepada masalah yang paling rumit. Dalam penelitian ini yang menjadi subyeknya adalah peserta didik Kelas VI Semester 1 SD Negeri 2 Tirem Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan sebanyak 31 peserta didik. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan metode problem solving, serta untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari metode problem solving dalam pembelajaran.Tahapan setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Hasil penelitian pada peningkatan motivasi belajar dari 32,3% (10 peserta didik) pada kondisi awal, menjadi 67,7% (21 peserta didik) pada Siklus I dan 100% (31 peserta didik) pada Siklus II.  Peningkatan rata-rata hasil belajar dari 57,1 pada kondisi awal menjadi 70,0 pada Siklus I dan 81,9 pada Siklus II. Tingkat ketuntasan belajar dari 9 peserta didik (29,0%) pada kondisi awal menjadi 19 peserta didik (61,3%) pada Siklus I, dan pada Siklus II menjadi 100% atau 31 peserta didik. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan metode problem solving dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VI Semester 1 SD Negeri 2 Tirem Kecamatan Brati Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci :pembelajaran, motivasi, hasil belajar, problem solving

Diterbitkan
2018-01-29