PELATIHAN PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL BAGI GURU DALAM UPAYA MENGATASI LEARNING LOSS SISWA DI MTS NURUSSALAM TEMPUREJO

  • Syahrul Mubaroq Universitas Muhammadiyah Jember
  • Widya Oktarini Universitas Muhammadiyah Jember
  • Andini Cahyaningrum Universitas Muhammadiyah Jember
  • Villia Vincha Andya Jelita Universitas Muhammadiyah Jember
Keywords: buku digital, learning loss

Abstract

Pandemi Covid-19 telah menimbulkan dampak pembelajaran siswa yang telah menyebabkan gangguan signifikan pada sistem pendidikan global dan berdampak terhadap kemajuan belajar sehingga terjadi learning loss. Istilah learning loss mengacu pada kehilangan pengetahuan dan keterampilan khusus atau umum atau pembalikan dalam kemajuan akademik yang terkadi karena kesenjangan atau diskontinuitas dalam program pendidikan siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk memotivasi guru agar terus mengembangkan kompetensi mereka dalam penyusunan buku digital. Hal ini penting untuk mengasah kreativitas guru dalam menghadapi dampak pembelajaran yang terganggu akibat pandemi COVID-19. Selain itu, pelatihan ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan tentang fasilitas yang mendukung pembelajaran mandiri siswa melalui sumber belajar yang menarik dan menyenangkan.

Pelatihan penyusunan buku digital dilakukan dengan memaparkan pentingnya sumber belajar yang sesuai dengan capaian pembelajaran. Peserta dikenalkan dengan aplikasi flipHTML5 untuk menyusun buku digital tanpa instalasi. Pendampingan dilakukan hingga peserta dapat mempublikasikan buku digital. Evaluasi melalui kuesioner menunjukkan peningkatan kemampuan peserta. 18 dari 22 peserta berhasil membuat buku digital dengan kriteria baik. Kendala meliputi penataan teks, kurangnya bahan ajar, dan pengaturan pengaturan namun solusi yang diberikan dengan membentuk kelompok kerja untuk berbagi contoh dan materi sehingga kompetensi pengembangan buku digital dapat dicapai.

Published
2023-07-25