PELATIHAN KLASTERISASI STOK PRODUK RETAIL UNTUK MENETUKAN PERGERAKAN KEBUTUHAN KONSUMEN

  • Niko Suwaryo Universitas Medika Suherman
Keywords: PKM, Data Mining, Klaster, Stok, Kebutuhan Pokok, Pelatihan

Abstract

Pelaku bisnis harus selalu memikirkan cara untuk terus bertahan dan jika mungkin mengembangkan skala bisnis. Dalam hal ini, evaluasi yang dilakukan untuk kegiatan PKM pelatihan klasterisasi stok produk retail untuk menetukan pergerakan kebutuhan konsumen bisa dilakukan dengan cara mengumpulkan umpan balik dari para peserta pengabdian masyarakat, yaitu guru-guru yang mengikuti pelatihan penggunaanaplikasi. Umpan balik tersebut bisa berupa pertanyaan, saran atau  pemasukan yang bisa membantu dalam mengevaluasi keberhasilan kegiatan PKM. Selain itu, evaluasi juga bisa dilakukan dengan cara mengevaluasi hasil akhir dari pengabdian masyarakat, yaitu aplikasi berbasis website yang dibuat. Evaluasi ini bisa dilakukan dengan cara mengecek apakah aplikasi yang dibuat sudah sesuai dengan yang diharapkan, serta juga apakah aplikasi yang dibuat sudah sesuai dengan yang dibutuhkan, serta juga apakah aplikasi tersebut sudah bisa diakses.

Published
2023-10-31