PKM IMPLEMENTASI APLIKASI PEMBELAJARAN KERANGKA TULANG BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA SD NO. 4 ABIANSEMAL

Indonesia

  • Christina Purnama Yanti Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Ni Nyoman Ayu J Sastaparamitha Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Theresia Hendrawati Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
  • Ida Bagus Rama Dwipayana Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia
Keywords: Bone Skeleton, Augmented Reality, Training

Abstract

Kerangka tulang manusia merupakan salah satu materi pembelajaran IPA pada kelas 5 SD. Di SD No. 4 Abiansemal proses pembelajaran kerangka tulang manusia hanya dijelaskan dengan media buku, hal ini disebabkan oleh alat peraga yang dimiliki mengalami kerusakan seperti ada beberapa bagian yang rusak dan hilang. Dari kuesioner yang disebarkan sebanyak 57 responden disimpulkan bahwa siswa merasa bosan dan kurang tertarik dalam pembelajaran tanpa menggunakan alat peraga. Augmented reality adalah sebuah teknologi yang dapat menyatukan dunia nyata dengan virtual secara beriringan, dengan adanya augmented reality diharapkan dapat menjadi pengganti alat visual dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Oleh karena itu tim pengabdi melakukan pengabdian kepada masyarakat dimana tahapan awal yaitu pembuatan aplikasi Augmented Reality pengenalan Kerangka Tulang Manusia dan dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan kepada siswa – siswi SD No. 4 Abiansemal dalam menggunakan aplikasi tersebut. Setelah dilakukan pelatihan, dilanjutkan dengan evaluasi kepada siswa dengan mengerjakan kuis yang ada pada aplikasi dan evaluasi terhadap aplikasi dengan pemberian kuesioner kepada 23 siswa. Dari hasil evaluasi didapat tingkat persetujuan terhadap aplikasi rata – rata adalah 83%.

Published
2023-10-30