OPTIMALISASI JANGKAUAN PASAR MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM : INISIATIF KETERLIBATAN PENGELOLA USAHA DALAM PEMASARAN DIGITAL

  • Kristina Anindita Hayuningtias Universitas Stikubank Semarang
  • Widhian Hardiyanti Universitas Stikubank Semarang
  • Cahyani Nuswandari Universitas Stikubank Semarang
Keywords: pemasaran digital, street food, instagram

Abstract

Pemasaran digital telah menjadi komponen penting dalam strategi bisnis modern. Para pelaku usaha memanfaatkan berbagai platform digital dalam memasarkan produknya, termasuk pelaku usaha jajanan kaki lima (street food). Boomber Street Food, salah satu usaha jajanan kaki lima di Surakarta menghadapi tantangan dalam mencapai jangkauan pasar yang lebih luas melalui platform instagram. Permasalahan yang dihadapi adalah kurangnya pemahaman pemilik tentang pentingnya pemasaran digital dan masih rendahnya tingkat keterlibatan pengelola dalam membuat konten kreatif sebagai upaya menunjang aktivitas promosi Boomber Street Food. Pengabdian ini bertujuan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh Boomber Street Food dengan mengusulkan pendampingan yang melibatkan pengelola dalam mengoptimalkan pemanfaatan media sosial instagram sebagai media dalam memasarkan produk. Pelaksanakan kegiatan pengabdian diawali dengan memberikan pemahaman kepada pemilik dan pengelola tentang pentingnya pemasaran digital. Setelah itu dilanjutkan dengan pendampingan dalam pembuatan konten kreatif yang harapannya dapat meningkatkan jangkauan pasar mereka melalui platform Instagram dan mencapai kesuksesan dalam pemasaran digital yang lebih efektif. Luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah konten baik gambar maupun video yang di upload di akun resmi instagram Boomber Street Food.

Published
2023-11-16