PENDAMPINGAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH

  • Ibnu Firmansyah STAI Syubbanul Wathon Magelang
  • Purwanto STAI Syubbanul Wathon Magelang
  • Achmad Nur Alfianto STAI Syubbanul Wathon Magelang
  • Fuad Yanuar Akhmad Rifa’i STAI Syubbanul Wathon Magelang
  • Ahmad Fuad Hasyim-HS STAI Syubbanul Wathon Magelang
  • Dakusta Puspitasari STAI Syubbanul Wathon Magelang
Keywords: Digital Marketing, Sales, MSMEs

Abstract

Pemanfaatan digital marketing oleh pemilik UMKM di Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang, sejauh ini belum dilakukan dengan maksimal, karena kurangnya pengetahuan para pengusaha tentang digital marketing. Padahal para pengusaha berada pada wilayah yang memiliki jaringan internet dan juga memiliki perangkat elektronik yang memadai. Dengan demikian digital marketing pada dasarnya dapat dimanfaatkan oleh pelaku UMKM di Desa Sukomakmur untuk memperluas jangkauan pemasaran dengan harapan dapat meningkatkan penjualannya. Pengabdian ini secara khusus bertujuan untuk 1) Meningkatkan pengetahuan mitra tentang digital marketing. 2) Mitra dapat memanfaatkan membuat konten yang menarik dalam digital marketing. Pengabdian ini akan dilaksanakan di Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Adapun yang menjadi mitra dalam pengabdian ini adalah para pemilik UMKM. Pengabdian dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR). Kegiatan pengabdian digital marketing di ikuti oleh 10 mitra yang semuanya adalah pemilik UMKM. Materi yang disampaikan meliputi pengenalan digital marketing, social media marketing dan e-commerce, manajemen digital marketing dan content marketing. Kegiatan workshop digital marketing diisi oleh dua orang narasumber yang telah berpengalaman dalam mengelola penjualan dengan menggunakan teknologi digital. Hasil dari pengabdian ini adalah meningkatnya pengetahuan para mitra tentang digital marketing dan cara membuat content marketing yang menarik.

Published
2023-11-30