Peningkatan Keterampilan Bahasa Inggris Siswa SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta Melalui Pelatihan English News Anchoring

  • Ani Susanti Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Ahmad Dahlan
  • Eka Anisa Sari Program Studi Ilmu Komunikasi, Universitas Ahmad Dahlan
  • Patria Handung Jaya Program Studi Pendidikan GSD, Universitas Ahmad Dahlan
Keywords: Bahasa Inggris, English News Anchoring, Pendampingan, Pelatihan, SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Abstract

SDM sekolah (terutama Guru Bahasa Inggris dan pendamping literasi) di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta masih minim dalam hal wawasan dan pengalaman di bidang English News Anchoring. Salah satu sebab adalah belum adanya pelatihan English News Anchoring di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Akibat lain dari belum adanya pelatihan ini adalah kurangnya kesempatan bagi siswa untuk praktek meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris. Selain itu, kesiapan dan keikutsertaan siswa sekolah tersebut untuk memenuhi undangan lomba English News Anchoring juga minimal. Solusi yang ditawarkan adalah menyelenggarakan pelatihan English News Anchoring untuk guru dan siswa, dilanjutkan dengan pendampingan untuk siswa, dan lomba English News Anchoring tingkat sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan secara offline secara bertahap (enam langkah). Pertama, pengenalan English News Anchoring untuk guru dan siswa; kedua, pelatihan English News Anchoring untuk guru; ketiga, pelatihan (pendampingan) untuk siswa oleh guru dan tim pengabdi; keempat, workshop pengembangan teknis lomba English News Anchoring; kelima, pelaksanaan lomba English News Anchoring; dan keenam, pengumuman kejuaraan lomba.

Published
2023-11-30