PENDAMPINGAN OLIMPIADE SAINS NASIONAL BIDANG AKUNTANSI, EKONOMI, DAN BAHASA INGGRIS DI SMA TARAKANITA MAGELANG

  • Yohanes Mario Pratama Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Raymundo Patria Hayu Sasmita Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  • Ignatius Indra Kristianto Universitas Atma Jaya Yogyakarta
Keywords: pengabdian; Olimpiade Sains Nasional; pengembangan siswa

Abstract

Pengabdian pendampingan Olimpiade Sains Nasional di SMA Tarakanita Magelang memfokuskan pada pengembangan siswa-siswi dalam bidang Akuntansi, Ekonomi, dan Bahasa Inggris. Meskipun hasil pre-test menunjukkan kekurangan pemahaman terutama pada materi akuntansi, program ini menggunakan pendekatan hybrid (luring dan daring) untuk memberikan fleksibilitas yang efektif. Pertemuan daring melalui Google Meet memberikan platform untuk pemaparan materi dan diskusi, sementara pertemuan luring di sekolah memperkuat pemahaman siswa. Evaluasi jangka pendek menunjukkan peningkatan pengetahuan siswa dalam bidang yang diajarkan. Meskipun demikian, masih ada potensi pengembangan lebih lanjut, termasuk penggunaan sumber daya digital yang lebih interaktif dan integrasi materi yang lebih relevan dengan kurikulum sekolah. Pengabdian ini memberikan dasar yang kuat untuk pengembangan lanjutan, dengan potensi untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam persiapan Olimpiade Sains Nasional. Selain itu, pengabdian ini memberikan manfaat jangka panjang dengan membuka kesempatan bagi siswa untuk terus belajar dan bersaing di tingkat nasional.

Published
2023-12-20