PENDAMPINGAN PEMASARAN PRODUK MAKANAN RINGAN KELOMPOK WANITA TANI DESA TEMANGGUNG KECAMATAN KALIANGKRIK

  • Abdul Rosyid STAI Syubbanul Wathon Magelang
  • Purwanto STAI Syubbanul Wathon Magelang
  • Yeny Fitriyani STAI Syubbanul Wathon Magelang
  • Fuad Yanuar Akhmad Rifa'i STAI Syubbanul Wathon Magelang
Keywords: Asri Women Farmers Group, Social media, Marketing Tools.

Abstract

Banyaknya Masyarakat Desa Temanggung yang menjadi petani menjadi salah satu alasan berdirinya Kelompok Wanita Tani (KWT) Sari Asri. Pendirian KWT Sari Asri ini merupakan salah satu bentuk dari keterlibatan perempuan dalam pengelolaan dunia pertanian. Salah satu produk yang dihasilkan KWT Sari Asri adalah produk olahan makanan ringan dari hasil pertanian. Akan tetapi produk yang dihasilkan masih dijual dilingkup desa, padahal produk yang dihasilkan telah memiliki kualitas yang memadai. Dengan demikian aspek pemasaran masih masalah utama yang dihadapi oleh KWT Sari Asri. Dari sisi pemasaran, KWT Sari Asri belum memiliki logo yang menjadi brand dari produk yang dihasilkan. Pengabdian ini dilakukan di Desa Temanggung Kecamatan Kaliangkrik dilaksanakan selama 30 hari. Pendekatan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian ini menggunakan Participatory Action Research (PAR) yang terdiri dari empat tahapan yang harus dilaksanakan yaitu inquiry, action, reflection, dan inquiry. Pengabdian yang dilakukan memberikan dampak positif bagi KWT Sari Asri dalam melakukan pemasaran. Pada saat ini KWT Sari Asri tidak lagi menggunakan pemasaran tradisional berupa komunikasi dari mulut kemulut saja, namun telah memanfaatkan media sosial sebagai strategi pemasaran. Selain memberikan pelatihan pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran pembuatan merek juga membantu KWT Sari Asri dalam memperkenalkan produk yang dihasilkan kepada Masyarakat luas.

Published
2023-12-19