PENGEMBANGAN SIKAP MANDIRI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PANDANGAN FILSAFAT EKSISTENSIALISME MARTIN HEIDEGGER

  • Sartini Sartini Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Desilva Sindra Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Shodiq Purnomo Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauziati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Agus Supriyoko Universitas Tunas Pembangunan Surakarata
Keywords: Sikap Mandiri, Profil Pelajar Pancasila, Eksistensialisme, Martin Heidegger

Abstract

Filsafat pendidikan Indonesia berakar pada nilai-nilai budaya yang terkandung dalam Pancasila. Nilai Pancasila harus ditanamkan pada peserta didik melalui penyelenggaraan pendidikan nasional di semua level dan jenjang pendidikan. Profil Pelajar Pancasila merupakan visi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2020 – 2024 dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, bernalar kritis, kreatif, mandiri, bergotong royong, dan berkebinekaan global. Kemampuan dalam membangun sikap mandiri, tidak bergantung pada orang lain dan tanggung jawab pada konsekuensi pilihan sendiri adalah aspek terpenting dalam filsafat eksistensialisme Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengembangan sikap mandiri profil pelajar pancasila dalam pandangan filsafat eksitensialisme Martin Heidegger. Metode penelitian dalam artikel ini ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan library research (penelitian pustaka) yang relevan dengan objek pembahasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pemikiran filsafat eksistensialisme Martin Heidegger dapat dikembangkan dalam pendidikan karakter sebagaimana pengembangan sikap mandiri Profil Pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka

Published
2024-01-04