PEMBELAJARAN TIK DALAM MENYONGSONG ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DI SD BIRRUL WALIDAIN MUHAMMADIYAH SRAGEN

  • Nofi Animah Kusumastuti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anton Budi Nugroho Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Budi Murtiyasa Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sigit Haryanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Agus Supriyoko Universitas Tunas Pembangunan Surakarata
Keywords: Pembelajaran TIK, Revolusi Industri 4.0

Abstract

Pedidikan di era revolusi industri keempat mengharapkan out put pendidikan yang mampu bersaing secara universal. Peserta didik harus mempunyai kompetensi dalam  Teknologi Informasi dan Komunikasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui proses belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi yang tepat dalam rangka menyongsong era revolusi industri keempat beserta kendala selama proses proses belajar Teknologi Informasi dan Komputer di SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Keabsahan data yang  digunakan adalah konsistensi pengamatan serta triangulasi sumber. Hasil penelitian  menunjukkan  proses belajar Teknologi informasi dan komunikasi di SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen sudah menunjukkan memberikan bahan yang cukup kepada peserta didik dalam menyongsong era revolusi industri keempat.  Saran dan prasarana proses belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi belum mencukupi. Jumlah komputer yang dimiliki sekolah belum sebanding dengan jumlah siswa SD Birrul Walidain Muhammadiyah Sragen.

Published
2024-01-04