PERSPEKTIF FILSAFAT PROGRESIVISME PADA PEMBELAJARAN INFORMATIKA

  • Nofi Animah Kusumastuti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Anton Budi Nugroho Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Endang Fauziati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sigit Haryanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Agus Supriyoko Universitas Tunas Pembangunan Surakarata
Keywords: Filsafat Progresivisme, Pembelajaran Informatika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pandangan filsafat Progresivisme terhadap penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dalam pembelajaran Informatika. Pemilihan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui metode kajian kepustakaan atau literatur (literature review/literature research). Hasil penelitian menunjukkan bahwa filsafat Progresivisme secara relevan diterapkan dalam Kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran Informatika. Keduanya menekankan bahwa dalam proses pembelajaran, peserta didik menjadi subjek utama dan pusat pembelajaran (student-centered learning), sedangkan peran guru lebih sebagai fasilitator, motivator, dan konselor. Pembelajaran berbasis masalah, inkuiri dan pembelajaran berbasis projek merupakan prinsip pembelajaran Informatika, prinsip tersebut sesuai dengan prinsip progresivisme. Pandangan ini sejalan dengan filsafat Progresivisme yang menganggap peserta didik sebagai individu yang unik dengan kecerdasan dan pikiran yang berbeda. Dengan akal, pikiran dan kecerdasan peserta didik dapat menyelesaikan masalah kehidupan.

Published
2024-01-04