MANAJEMEN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN BERORIENTASI PADA PENINGKATAN PRESTASI PESERTA DIDIK

  • Sartini Sartini Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Andriani Chondro Retno Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Harsono Harsono Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sigit Haryanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Agus Supriyoko Universitas Tunas Pembangunan Surakarata
Keywords: manajemen pembiayaan pendidikan, prestasi belajar peserta didik

Abstract

Manajemen pembiayaan pendidikan menjadi hal yang penting yang bisa mempengaruhi proses belajar mengajar dan sistem pada suatu lembaga sekolah, dimana manajemen pembiayaan pendidikan yang baik dapat akan memastikan bahwasanya dana yang tersedia dipergunakan secara efektif serta efisien, sehingga bisa mengoptimalkan kualitas pendidikan. Manajemen keuangan juga memungkinkan lembaga pendidikan agar mengelola risiko keuangan, seperti biaya yang tidak terduga ataupun kekurangan dana. Peran penting manajemen keuangan dalam konteks pendidikan juga terwujud saat memastikan akses yang adil serta merata terhadap pendidikan bagi seluruh peserta didik. Dengan penerapan manajemen keuangan yang efektif, sekolah bisa memberikan peluang yang setara bagi semua peserta didik agar memperoleh pendidikan berkualitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi signifikansi manajemen keuangan dalam meningkatkan prestasi peserta didik di lingkungan sekolah. Metode penelitian ini yakni kualitatif dengan pendekatan studi pustaka, menggunakan literatur berupa jurnal, artikel, dan dokumen terkait yang mendukung penelitian ini. Penelitian dilakukan untuk memberikan informasi dan pengetahuan tentang manjemen pembiayaan pendidikan yang dapat meningkatkan prestasi peserta didik dan diharapkan untuk memberikan manfaat dalam evaluasi dan perbaikan dan mengoptimalkan transparansi serta akuntabilitas penggunaan dana pendidikan.

Published
2024-01-16