PENINGKATAN PRODUKTIVITAS UMKM MELALUI PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING PADA PRODUK SAMBAL PECEL BU SHOFIA DESA KETANIRENG KECAMATAN PRIGEN

  • Yaumi Jum'ati Almumtahanah Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Pemanfaatan, Pemasaran, Digital

Abstract

Upaya meningkatkan daya saing UMKM diperlukan langkah untuk mengangkat kemampuan teknologi dan daya inovasi. Inovasi berarti sesuatu yang baru bagi UMKM yang bersangkutan. Di antara berbagai faktor penyebabnya yaitu rendahnya tingkat penguasaan teknologi dan kemampuan wirausaha menjadi isu yang mengemuka saat ini. Pengembangan UMKM secara parsial selama ini tidak banyak memberikan hasil maksimal terhadap peningkatan kinerja UMKM. Karena itu, kebijakan UMKMbukan karena ukurannya yang kecil, akan tetapi karena produktivitasnya yang rendah. Peningkatan produktivitas pada UMKM akan berdampak luas dalam hal perbaikan kesejahteraan rakyat, karena UMKM merupakan tempat dimana banyak orang menggantungkan sumber kehidupannya. Salah satu alternatif dalam meningkatkan produktivitas UMKM ialah melakukan modernisasi sistem usaha dan perangkat kebijakannya yang sistematik. Sehingga memberikan dampak yang lebih luas lagi dalam meningkatkan daya saing pada daerah. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan kegiatan penelitian ini, dengan metode diskusi dan tanya jawab dalam bentuk penyampaian materi dan praktik penggunaan digital marketing. Peneltian ini difokuskan pada UMKM Sambal Pecel Bu Shofia. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan lebih memahami pentingnya penggunaan media internet untuk meningkatkan daya saing usaha. Target luaran yang ingin dicapai adalah jurnal nasional terakreditasi, vidoe kegiatan, dan pendampingan pembuatan digital marketing bagi UMKM.

Published
2024-01-16