IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI DALAM MENINGKATKAN PEMASARAN UMKM IMAS FOOD TUTUR

  • Fadilah Nur Febrianti Universitas Yudharta
  • Eko Agus Alfianto Universitas Yudharta Pasuruan
  • Nur Azizah Universitas Yudharta Pasuruan
Keywords: Implementasi, Digital Marketing, E-Commerce, UMKM Imas Food

Abstract

Digital Marketing adalah suatu proses memasarkan produk atau jasa menggunakan media digital untuk memperluas dan meningkatkan fungsi markering. Focus dari Digital Marketing adalah UMKM Imas Food yang berada di Tutur. Apa yang diinginkan dari konsumen, bagaimana pemasaran dapat dilakukan tidak hanya di pulau jawa saja, dan bagaimana sebuah UMKM dapat mengikuti kecanggihan teknologi supaya dapat dimanfaatkan sebagai media promosi. Semua terkumpul dalam Digital Marketing yang memeberikan solusi baru untuk meningkatkan strategi pemasaran UMKM yang pada akhirnya bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi serta memperluas pemasaran. pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, sumber data penelitian ini adalah sekunder dan primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara (interview) Teknik analisis data adalah analisis deskriptif yaitu metode yang menggambarkan hasil penelitian dengan menelaah data yang diperoleh dari Perusahaan kemudian dibandingkan dengan berbagai teori yang mendukung masalah penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan kesimpulannya adalah bahwa bentuk implementasi Digital Marketing dalam meningkatkan strategi pemasaran sudah sesuai dengan teori yang telah dikemukakan oleh Dedi Purwana (2017) digital marketing menggunaan media digital dengan menggunakan internet yang memanfaatkan media berupa web, social media, e-mail, guna meningkatkan target konsumen dan untuk mengetahaui profil, perilaku, nilai produk, serta loyalitas para pelanggan atau target konsumen untuk mencapai tujuan pemasaran UMKM.

Published
2024-01-16