INTERNATIONAL CLASS PROGRAM IN PERSPECTIVE OF HUMANISM PHILOSOPHY

  • Mohamad Mujamil
  • Diki Wahyudi
  • Endang Fauziati Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sigit Haryanto Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Agus Supriyoko Universitas Tunas Pembangunan Surakarata
Keywords: ICP, Philosophy of Humanism, Education

Abstract

Langkah penguatan dinamika pendidikan Indonesia terus mengalami pergerakan. Pergerakan di dunia pendidikan seiring sejalan dengan perkembangan manusia dan perkembangan zaman. Perkembangan zaman tidak jauh dari perkembangan teknologi di dalamnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan International Class Program dalam perspektif filsafat humanisme. Metode penelitian ini mengeksplorasi kepustakaan dengan melihat aliran filsafat humanistik dalam International Class Program. Teknik dokumentasi pengumpulan data yang dilakukan yaitu pengumpulan data dari buku-buku dan artikel dan jurnal yang berkaitan dengan berbagai karya penelitian.   Hasil penelitian menunjukkan bahwa International Class Program sangat berkorelasi dengan teori filsafat humanistik yang mendukung perkembangan keunikan individu, pengembangan kepribadian peserta didik, dan interaksi sosial yang saling terkoneksi dengan harmonis. International Class Program menitikberatkan pembelajaran bahasa asing sebagai cara untuk hidup di era globalisasi dan siap menjadi warga dunia yang bersosialisasi dengan orang lain. Proses pendidikan sangat ditekankan untuk mewujudkan individu menjadi manusiawi, mewujudkan hubungan sosial, dan harmonis pada kehidupan bermasyarakat di seluruh dunia.

Published
2024-01-16