PENDAMPINGAN SISWA DAN GURU DI KELAS MATEMATIKA DALAM PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD

  • Tetty Natalia Sipayung Universitas Katolik Santo Thomas
Keywords: Assistance, STAD model, mathematics

Abstract

Di bidang pendidikan, analisis model pembelajaran dan pengaruhnya dari sudut pandang siswa dan guru telah banyak diteliti, khususnya dalam pendidikan matematika. Salah satu model pembelajaran yang umumnya banyak digunakan dalam penelitian dan mempunyai banyak jenisnya adalah model pembelajaran kooperatif. Salah satu jenis model tersebut adalah STAD. Berdasarkan literatur, model tipe STAD dinilai efektif dan memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya matematika. Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah mitra, diperoleh data bahwa guru mitra belum pernah menerapkan model tipe STAD pada kelas matematika. Oleh karena itu perlu dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pendampingan siswa dan guru di sekolah mitra dengan tujuan yaitu memperkenalkan dan menerapkan model kooperatif tipe STAD secara khusus sebagai upaya peningkatan pengetahuan dan kemampuan mitra. Pelaksanaan kegiatan ini menggunakan beberapa metode yaitu ceramah, diskusi, ice breaking, dan pemberian penghargaan. Di akhir kegiatan pendampingan, mitra menyadari bahwa model STAD bermanfaat dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tercapai. Hal ini berdasarkan hasil angket dan penyampaian kesan.

Published
2024-02-03