PERENCANAAN STRUKTUR BENDUNGAN DI DAERAH RAWAN GEMPA

  • GUNARSO GUNARSO

Abstract

Didalam perencanaan segala bentuk bangunan yang kaitannya dengan pekerjaan teknik Sipil maka perlu adanya perencanaan Gempa yang mendetail, baik itu struktur bangunan Gedung ataupun bendungan,terutama struktur yang terletak  didaerah rawan gempa, Sebagai contoh untuk analisanya didasarkan apa yang ditulis oleh Dr.HB.Seed dalam journal Soil Mechanics and Foundation Division dari ASCE terbitan Mei 1966 dengan judul The Seismic Coefficient in Earth Dam Design. Pada prinsipnya koefisien gempanya dibuat tidak merata dari pondasi hingga puncak bendungan.Dari mulai kecil hingga ke puncak bendungan semakin besar.

Selanjutnya Ministry of Construction Jepang juga mengeluarkan suatu prosedur untuk menganalisa stabilitas bendungan yang lebih mendetail, dengan dasar pemilihan koefisien yang berubah dari puncak bendungan hingga ke pondasinya,Bahkan type bendungan Rockfill, sudut geser dalam untuk material rockfillnya juga dihitung berubah secara non linier dari atas kebawah tergantung dari besarnya tegangan normalnya.

Atas dasar prinsip diatas akan diperoleh lereng bendungan yang tidak terlalu landai, sehingga biaya pembangunannya menjadi lebih ekonomis dengan kestabilan yang cukup memadai.

 

Author Biography

GUNARSO GUNARSO
UNIVERSITAS TUNAS PEMBANGUNAN SURAKARTA
Published
2010-02-11
How to Cite
GUNARSO, G. (2010). PERENCANAAN STRUKTUR BENDUNGAN DI DAERAH RAWAN GEMPA. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 7(11). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/103