ANALISIS RESIKO TAHAP ENGINEERING DESIGN PADA PEMBIAYAAN PEKERJAAN KONSTRUKSI PROYEK EPC (Studi Kasus : Asam-Asam CPP And OLC Project, PT. Krakatau Engineering)

  • GUNARSO GUNARSO
  • KUKUH KURNIAWAN DWI SUNGKONO

Abstract

Dalam  tahap  perencanaan  atau  engineering  perusahaan  EPC  harus  mempunyai sumber daya  manusia  yang  sangat  tinggi.  Mengingat  kompleksitas  pekerjaan,  pada  tahap  ini harus  mempunyai  konseptual  dari  basic  engineering  design  sampai  detail  engineering design yang matang. PT. KE adalah perusahaan EPC yang telah melaksanakan beberapa pekerjaan konstruksi dengan jenis kontrak EPC. Salah satu pekerjaan pada tahun 2011 adalah  Asam-Asam  CPP  And  OLC  Project.  Pada  kajian  analisis  resiko  engineering terhadap   biaya   ini  digunakan   skala   likert.   Responden   memberikan   penilaian   pada variabel resiko yang kemungkinan terjadi dan dampak terhadap pembiayaan. Dari hasil penelitian   yang   dilakukan,   responden   menyatakan  bahwa  variabel  resiko   yang  ada sebanyak 57 variabel tersebut merupakan variabel yang dominan pada tahapan engineering.Tahap  basic  engineering,  variabel  yang  dominan  adalah  manajemen perusahaan dimana untuk  satu sumber daya manusia diperuntukan bagi berbagai proyek yang   ditangani  perusahaan.   Sumber  daya  manusia  sebagai  kebutuhan  utama  dalam proses  desain  engineering  menjadi  resiko  yang  dominan,engineer  harus  bekerja  secara matrik dan jadwal penyelesaian pekerjaan yang ketat. Tahap detail engineering variabel dominan  produk  desain  engineering  yang  ekonomis berdampak  pada biaya yang cukup besar. Dalam proses detail desain dituntut menghasilkan desain yang optimal dan sesuai dengan  kebutuhan  pekerjaan  lapangan.  Karena  pada  tahal  detail  desain,  hasil  desain sudah harus bisa diaplikasikan dan meminimalisasi ketidak sesuaian saat dilakukan pemasangan.

 

Author Biographies

GUNARSO GUNARSO
FT UTP SKA
KUKUH KURNIAWAN DWI SUNGKONO
FT UTP SKA
Published
2018-01-26
How to Cite
GUNARSO, G., & DWI SUNGKONO, K. K. (2018). ANALISIS RESIKO TAHAP ENGINEERING DESIGN PADA PEMBIAYAAN PEKERJAAN KONSTRUKSI PROYEK EPC (Studi Kasus : Asam-Asam CPP And OLC Project, PT. Krakatau Engineering). Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 22(26). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/682

Most read articles by the same author(s)