FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KONFLIK DALAM PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI

  • HERMAN SUSILA
Abstract views: 1927 , PDF downloads: 0

Abstract

Dalam tahap pelaksanaan proyek konstruksi melibatkan banyak pihak yang saling berinteraksi satu dengan yang lainnya. Perbedaan-perbedaan tujuan, pandangan, pendapat dari masing-masing pihak akan dapat menimbulkan konflik. Konflik tersebut harus segera diselesaikan dengan cara yang tepat untuk meminimalkan pengaruh buruk terhadap keberhasilan proyek. Oleh karena itu, identifikasi terhadap konflik yang berpotensi terjadi dalam pelaksanaan proyek menjadi sangat penting untuk dilakukan agar diketahui cara pengelolaan konflik yang efektif.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk dapat mengetahui faktor-faktor dominan yang dapat menimbulkan konflik dalam pelaksanaan proyek konstruksi. Penelitian ini dilakukan di Surakarta dan data diperoleh melalui survei kuesioner dengan responden yang diteliti adalah kontraktor, konsultan pengawas dan owner pada tingkat manajemen menengah yang pernah terlibat dalam pelaksanaan pembangunan konstruksi gedung. Analisis faktor-faktor dominan penyebab konflik dalam penelitian ini adalah dengan mencari nilai mean terbesar dari tiap-tiap fariabel.

Hasil analisis menunjukkan bahwa pada tahap pelaksanaan konstruksi, konflik yang sering muncul adalah wewenang dan tanggung jawab yang kurang jelas, penempatan personil tidak sesuai dengan keahliannya, kesalahan desain dan spesifikasi, keterlambatan peralatan dan bahan, estimasi biaya yang tidak akurat dan pendekatan menangani masalah.

Author Biography

HERMAN SUSILA
ft utp ska
How to Cite
SUSILA, H. (1). FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KONFLIK DALAM PELAKSANAAN PROYEK KONSTRUKSI. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 11(15). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/202

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>