ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG KONTRAKTOR DALAM MEMAHAMI DOKUMEN KONTRAK KONSTRUKSI

  • HERMAN SUSILA
Abstract views: 425 , PDF downloads: 156

Abstract

Kontrak konstruksi merupakan suatu persetujuan yang disepakati bersama oleh pihak-pihak yang melakukan kesepakatan dalam suatu proyek konstruksi. Suatu kontrak harus bebas dari semua terminology yang dapat mempunyai arti yang samar atau ganda. Kata-kata yang bermakna samar atau ganda dapat menimbulkan kesalahan dalam mengartikan dan menafsirkannya sehingga dapat menjadi bibit timbulnya suatu perselisihan. Oleh karena itu sangat penting bagi semua pihak yang terkait dalam kontrak konstruksi untuk mengerti dan memahami apa yang diharapkan dan apa yang akan diberikan oleh masing – masing pihak.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor utama yang menjadi penghambat dan pendukung bagi kontraktor dalam memahami dokumen kontrak.Data diperoleh melalui survei kuesioner dengan responden yang diteliti adalah kontraktor yang berada di wilayah Sragen propinsi Jawa Tengah. Analisis dilakukan dengan mencari nilai mean dari hasil jawaban responden, selanjutnya dilakukan perangkingan. Hasil analisis menunjukkan bahwa Bahasa dalam kontrak menjadi faktor penghambat utama bagi kontraktor dalam memahami dokumen kontrak.Sedangkan faktor utama yang mendukung agar lebih baik dalam memahami dokumen kontrak adalah gambar kerja harus jelas dan diperiksa oleh kedua pihak.

Author Biography

HERMAN SUSILA
FT UTP SKA
Published
2014-06-19
How to Cite
SUSILA, H. (2014). ANALISIS FAKTOR PENGHAMBAT DAN PENDUKUNG KONTRAKTOR DALAM MEMAHAMI DOKUMEN KONTRAK KONSTRUKSI. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 15(19). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/401

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>