PEMAKAIAN BEGESTING PADA GEDUNG BERTINGKAT

  • Kusdiman Joko Priyanto

Abstract

Pada setiap pembangunan gedung khususnya gedung bertingkat selalu dibutuhkan adanya alat bantu berupa konstruksi begesting. Begesting merupakan konstruksi yang bersifat sementara, yang cara kerjanya merupakan satu kesatuan dengan acuan dan perancah untuk membentuk dan menempatkan beton bertulang pada kondisi yang dikendaki,misalnya untuk mencetak dan membentuk plat lantai, balok, kolom dan sloof.

Konstruksi begsting harus direncanakan sedemikian hingga mampu untuk menahan beban yang bekerja baik beban mati ( dead load ) maupun beban hidup ( live load ), yang meliputi beban berat sendiri, beton segar, beban berguna, peralatan, pekerja dan beban lain selama masa pelaksanaan.

Dalam pelaksanaan konstruksi begesting perlu mempertimbangkan dan memperhitungkan beberapa aspek, antara lain adalah mutu bahan begesting dan kesesuaian pemakaian begesting. Hal ini dimaksudkan untuk mengetahui tingkat kelayakan bahan yang dipakai dan pemakaian konstruksi begesting yang tepat, aman ekonomis.

Author Biography

Kusdiman Joko Priyanto
FT UTP SKA
Published
2012-06-05
How to Cite
Priyanto, K. J. (2012). PEMAKAIAN BEGESTING PADA GEDUNG BERTINGKAT. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 1(3). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/28