PENGATURAN PEMANFAATAN LAHAN UNTUK PENGEMBANGAN JALAN YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN

  • TEGUH YUONO
Abstract views: 146 , PDF downloads: 66

Abstract

Pembangunan nasional ditujukan guna meningkatkan taraf kehidupan masyarakat secara adil dan merata. Untuk mewujudkannya maka pemanfaatan  kekayaan sumber daya alam yang dimiliki negara harus dilakukan secara bijaksana dan berkelanjutan. Salah satu prasarana utama adalah diperlukannya pembangunan jalan, karena fungsinya yang vital yaitu sebagai penghubung  antar wilayah yang  pada akhirnya perekonomian dapat bergerak ke arah yang lebih baik.

Pembukaan jalan baru juga dimaksudkan memperpendek dan mempercepat jarak perjalan. Pelebaran jalan, pengembangan jalan dan pembangunan jalan baru membutuhkan lahan yang tidak sedikit, diperlukan pengaturan lahan sehingga tidak mengganggu ekosistem dan keseimbangan alam.

Pengunaan lahan untuk pengembangan atau pembuatan jalan baru yang merupakan fasilitas layanan umum untuk masyarakat dalam meningkatkan perekonomian dan transportasi juga harus dilakukan dengan mentaati pengaturan tata ruang wilayah yang ada, sehingga menghindarkan alih fungsi lahan  yang kurang tepat misal alih fungsi lahan dari yang produktif/lahan pertaniaan lestari dan kawasan lindung menjadi jalan.

Author Biography

TEGUH YUONO
FT UTP SKA
Published
2014-06-19
How to Cite
YUONO, T. (2014). PENGATURAN PEMANFAATAN LAHAN UNTUK PENGEMBANGAN JALAN YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 15(19). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/415

Most read articles by the same author(s)