EVALUASI KINERJA SISTEM IRIGASI WADUK CENGKLIK

  • TEGUH YUONO
Abstract views: 478 , PDF downloads: 292

Abstract

Air merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi semua makhluk hidup. Ketersediaan air dalam kualitas yang baik dan kuantitas yang memadai merupakan hal yang mutlak diperlukan. . Pada musim penghujan, debit air yang sangat besar menjadi penyebab bencana banjir; sedangkan pada musim kemarau, debit air yang kecil menjadi penyebab kekeringan. Belajar dari kondisi alam seperti ini, manusia berusaha mencari cara untuk mengatur ketersediaan air, salah satunya adalah dengan membangun waduk.

Agar waduk dapat selalu memberikan layanan yang  sesuai dengan yang direncanakan maka dibutuhkan pemeliharaan yang baik pada setiap aspek. Salah satu waduk yang berfungsi sebagai penampung air untuk keperluan  irigasi adalah waduk Cengklik yang berada di Kabupaten Boyolali Propinsi  Jawa Tengah. Umur waduk sekarang ini telah mencapai 89 tahun. Walaupun volume tampungannyu berkurang karena adanya sedimentasi tapi menurut pemeriksaan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa laju sedimen waduk relatif kecil. Pengelolaan lahan  di kawasan DAS Waduk Cengklik yang baik, membantu mengurangi masuknya sedimen ke waduk sehingga tidak menjadi kendala operasional waduk.

Author Biography

TEGUH YUONO
FT UTP SKA
Published
2012-12-16
How to Cite
YUONO, T. (2012). EVALUASI KINERJA SISTEM IRIGASI WADUK CENGKLIK. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 12(16). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/377

Most read articles by the same author(s)