KONDISI VENTILASI ALAMI BANGUNAN GEREJA BLENDUK SEMARANG

  • Djumiko FT UTP

Abstract

Salah satu faktor pertimbangan perancangan bangunan dalam konteks hemat energi adalah pemanfaatan faktor –faktor  iklim seperti matahari dan  angin, khususnya untuk penelitian ini menekankan pada pemanfaatan angin untuk ventilasi alami.

Tujuan penelitian ini untuk mengungkapkan kualitas ventilasi alami Bangunan Gereja Blenduk Semarang, sebagai bangunan kuno yang berfungsi sebagai tempat  peribadatan.

Metode penelitian berpendekatan kombinasi antara penelitian kualitatif dan  kuantitatif, kualitatif menggunakan teori sedangkan kuantitatif menggunakan alat ukur anemo meter.

Hasilnya untuk ventilasi gaya thermal/ cerobong kurang memenuhi syarat, ventilasi gaya angin/ silang juga kurang memenuhi syarat. Penggunaan  kombinasi ventilasi  antara gaya thermal dan ventilasi silang hasilnya memenuhi syarat ventilasi alami dan kondisinya nyaman.

Author Biography

Djumiko FT UTP
FT-UTP SKA
Published
2011-02-13
How to Cite
FT UTP, D. (2011). KONDISI VENTILASI ALAMI BANGUNAN GEREJA BLENDUK SEMARANG. Jurnal Teknik Sipil Dan Arsitektur, 9(13). Retrieved from http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JTSA/article/view/50