PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT (RS) MUHAMMADIYAH SELOGIRI, KABUPATEN WONOGIRI

  • Rasyid Sofyan Prayitno Mahasiswa
  • Laksono Sumarto Dosen
  • Darsono Dosen

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah  untuk mengetahui baik secara parsial maupun simultan pengaruh kualitas layanan, harga dan fasilitas  terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit (Rs) Muhammadiyah Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Penelitin ini dilakukan pada Pasien Rumah Sakit (Rs) Muhammadiyah Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah pasien rawat jalan dan rawat inap Rumah Sakit Muhammadiyah Selogiri. Jumlah responden yang dipilih sebagai sampel adalah 96 responden, dibulatkan menjadi 100 responden. Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji hipoteisis uji F, uji t dan koefisien determinasi.

Hasil peneliian ditemukan bahwa baik secara parsial maupun simultan terdapat pengaruh kualitas layanan, harga/tarif dan fasilitas  terhadap Kepuasan Pasien Pada Rumah Sakit (Rs) Muhammadiyah Selogiri, Kabupaten Wonogiri.

Variasi variabel kepuasan Pasien dapat dijelaskan oleh variasi variabel-variabel kualitas layanan, harga dan fasilitas sebesar 58,10 % sedangkan sisanya 41,90 % dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Kata kunci: kualitas layanan, harga/tarif dan fasilitas, Kepuasan Pasien, Regresi linier berganda

Published
2021-02-25
How to Cite
Prayitno, R. S., Sumarto, L., & Darsono. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PASIEN PADA RUMAH SAKIT (RS) MUHAMMADIYAH SELOGIRI, KABUPATEN WONOGIRI. JURNAL WIDYA GANECWARA, 11(1). https://doi.org/10.36728/jwg.v11i1.1401