DAMPAK KONFLIK PEKERJAAN-KELUARGA DAN IKLIM ORGANISASI PADA KEPUASAN KERJA KARYAWAN WANITA DI INDUSTRI TEKSTIL KOTA SURAKARTA

  • Mrihrahayu Rumaningsih Dosen
  • Darsono Dosen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menganalisa pengaruh iklim organisasi terhadap  konflik pekerjaan - keluarga berbasis waktu, berbasis tekanan dan berbasis perilaku, pada karyawan wanita di industri tekstil dikota Surakarta(2) Menganalisa pengaruh iklim organisasi terhadap kepuasan kerja   karyawan wanita di industri tektile dikota Surakarta (3) Menganalisa pengaruh konflik pekerjaan-keluarga berbasis waktu, berbasis tekanan dan berbasis perilaku, terhadap kepuasan kerja  karyawan wanita di industri tekstil dikota Surakarta (4) Menganalisa efek mediasi konflik pekerjaan - keluarga berbasis waktu, berbasis tekanan dan berbasis perilaku pada  pengaruh iklim organisasi terhadap kepuasan kerja   karyawan wanita di industri tekstil dikota Surakarta.

Penelitian ini dilakukan di industri tekstil kota Surakarta dengan mengambil objek sebagai populasi adalah PT. Sari Warna Asli Garment, PT Kusuma Mulia Textile. PT Tantra Textile Industry PT Putri Sakti Mahkota Kresno, dan PT.Keris Inoue Nissho indonesia. Sampel yang digunakan sebanyak 84 karyawan wanita, dengan menggunakan metode propotional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data menggunakan teknik jalur analisis.

Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) iklim organisasi berpengaruh terhadap  konflik pekerjaan-keluarga berbasis waktu, berbasis tekanan dan berbasis perilaku (2) iklim organisasi berpengaruh pada kepuasan kerja karyawan wanita di industri tekstil kota Surakarta (3) konflik pekerjaan-keluarga berbasis waktu, berbasis tekanan dan berbasis perilaku, berpengaruh terhadap kepuasan kerja  karyawan wanita di industri tekstil kota Surakarta (4) Terdapat efek mediasi konflik pekerjaan-keluarga berbasis waktu, berbasis tekanan dan berbasis perilaku pada pengaruh iklim organisasi terhadap kepuasan kerja karyawan wanita di industri tekstil kota Surakarta.

Kata kunci: iklim organisasi, konflik pekerjaan-keluarga, kepuasan kerja, analisis jalur

Published
2021-02-25
How to Cite
Rumaningsih, M., & Darsono. (2021). DAMPAK KONFLIK PEKERJAAN-KELUARGA DAN IKLIM ORGANISASI PADA KEPUASAN KERJA KARYAWAN WANITA DI INDUSTRI TEKSTIL KOTA SURAKARTA. JURNAL WIDYA GANECWARA, 11(1). https://doi.org/10.36728/jwg.v11i1.1403