ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS DAN KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN DESA DI KECAMATAN PEDAN KABUPATEN KLATEN

  • Aning Lestari Mahasiswa
  • Hariyono Dosen
  • Syahriar Abdullah Dosen

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) pengaruh secara parsial kompetensi staf akuntansi, penguasaan teknologi informasi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi, peran audit internal, dan good governance terhadap Kualitas Laporan Keuangan Desa se Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten, (2) pengaruh kualitas laporan keuangan terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan Desa se Kecamatan Pedan Kabupaten Klaten.

Jenis penelitian ini deskriptif kuantitatif, menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini perangkat Desa yang bekerja di wilayah Kecamatan Pedan, dengan jumlah sampel 72 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan menggunakan skala likert.

Hasil penelitian ini menunjukan kompetensi staf akuntansi, penguasaan teknologi informasi, pemanfaatan sistem informasi akuntansi, peran audit internal dan good governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu laporan keuangan desa. mutu laporan keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan.

Kualitas laporan keuangan desa dapat dijelaskan oleh kompetensi staf akuntansi: penguasaan teknologi informasi: pemanfaatan sistem informasi akuntansi, peran audit internal dan good governance sebesar 95,50%: Sedangkan ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan dapat dijelaskan oleh mutu laporan keuangan sebesar 51,10%.

Kata kunci: Faktor-faktor mutu laporan keuangan, Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan, regresi linier berganda

Published
2021-02-25
How to Cite
Lestari, A., Hariyono, & Abdullah, S. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS DAN KETEPATAN WAKTU PENYAMPAIAN LAPORAN KEUANGAN DESA DI KECAMATAN PEDAN KABUPATEN KLATEN. JURNAL WIDYA GANECWARA, 11(1). https://doi.org/10.36728/jwg.v11i1.1410